Program Studi Teknik Mesin Diploma III Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Padang memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah disusun dengan sangat jelas. Kejelasan,  kerealistikan, dan keterkaitan antar visi, misi, tujuan, sasaran program studi, dan pemangku kepentingan yang terlibat di jelaskan sebagai berikut :

  1. Sangat jelas, tertuang dalam SK Rektor No. 47/SK.27.O10.1/X/2013 Institut Teknologi Padang, dengan visi menjadi salah satu Program Studi Teknik Mesin yang unggul dalam penerapan ilmu teknik pengelasan di Indonesia pada tahun 2024, yang akan dicapai melalui tiga kurun waktu (milestone), sehingga semua kegiatan, pengembangan sumber daya, sarana dan prasarana difokuskan menjadi unggul dibidang pengelasan.2/Sangat realistik, karena visi dan misi ini telah dirancang sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada di Program Studi berdasarkan kebutuhan dalam bidang teknologi yang berkembang.
  2.  Saling terkait satu sama lain, Program Studi dalam menyusun visi dan misi sangat terkait satu sama lainnya berdasarkan pada kondisi serta kebutuhan internal maupun eksternal Program Studi, yang mengacu kepada visi dan misi Fakultas yang mana menjadi acuan dalam dalam pelaksanaan kegiatan di tingkat Program Studi.
  3. Melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat. Pengelolaan institusi telah mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran institusi dengan berpedoman kepada visi misi Fakultas. Program Studi Teknik Mesin Diploma III yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri telah menetapkan dan membuat visi dan misi sebagai suatu pedoman yang harus diketahui oleh seluruh unsur institusi. Proses penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran dimulai dari pembahasan pada tingkat Program Studi. Hasil pembahasan awal selanjutnya dibahas dalam rapat struktural yang diikuti oleh seluruh pimpinan dan pejabat struktural dilingkungan Institut Teknologi Padang. Disamping itu secara persuasif juga diminta masukan dari khususnya Alumni Teknik Mesin melalui Pengurus Ikatan Alumni Institut Teknologi Padang. Setelah Visi, misi, tujuan dan sasaran Institut Teknologi Padang selesai disusun, selanjutnya penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas. Pada penyusunan visi dan misi Fakultas Teknologi Industri mengacu pada visi, misi Institut Teknologi Padang. Proses penyusunannya diawali pembuatan rancangan oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri, selanjutnya hasil rancangan tersebut dibahas dalam Rapat Dewan Dosen Fakultas yang dihadiri oleh seluruh dosen dilingkungan Fakultas Teknologi Industri untuk mendapatkan masukan dan saran dari dosen.

     Setelah visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas selesai selanjutnya disusun visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Diploma III. Proses penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi juga diawali pembuatan rancangan oleh ketua program studi yang merujuk kepada visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas. Selanjutnya dibahas dalam rapat program studi untuk mendapat masukan dari dosen, disamping itu juga diminta masukan dari alumni yang sebagian bisa diasumsikan masukan tersebut sebagai masukan dari pengguna lulusan karena mereka sudah bekerja pada dunia industri dan sebagian telah memiliki usaha sendiri. Masukan dari pihak alumni ini lebih banyak diperoleh secara lisan karena pihak alumni tersebut dapat dihubungi melalui telepon maupun bertemu secara langsung. Setelah pembahasan di program studi baru didapat visi, misi, tujuan dan sasaran PS Teknik Mesin Diploma III.

Adapun pihak-pihak yang turut terlibat dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran program studi diantaranya adalah :

  1. Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang
  2. Rektor Institut Teknologi Padang
  3. Dekan Fakultas Teknologi Industri
  4. Dosen Jurusan Teknik Mesin
  5. Alumni
  6. Stakeholder.

Visi :

“Menjadi salah satu Program Studi Teknik Mesin yang unggul dalam penerapan teknologi pengelasan di Indonesia pada tahun 2024 ”

 Visi ini diukur dalam 3 (tiga) milestone sebagai berikut :

Milestone I     :  Peningkatan kualitas dan relevansi     (2008 – 2013)
Milestone II   :  Peningkatan daya saing                          (2014 – 2019)
Milestone III :  Unggul                                                        (2020 – 2024)

Misi:

Sesuai dengan visi di atas, Program Studi Teknik Mesin D3 merumuskan misi yang perlu dipedomani oleh seluruh civitas akademika dalam melakukan aktivitas akademis sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknik Mesin Diploma III yang terampil, berkarakter, berkualitas
  2. danberkesinambungan serta adaptif terhadap perkembangan teknologi.
  3. Mengembangkan penelitian yang inovatif dan kompetitif di bidang teknik mesin khususnya bidang Pengelasan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi pengelasan yang inovatif.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain dan industri yang relevan dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia.
  6. Memenuhi sarana dan prasarana dengan mengikuti perkembangan IPTEK